Oligopoli merupakan pasar barang yang
terdiri dari beberapa perusahaan yang mempunyai ukuran dan modal yang relative
besar , barang yang dihasilkan bersifat berbeda corak ( seperti produsen mobil
) atau barang serupa ( seperti perusahaan perminyakan ) , ciri lain dari
oligopoli adalah :
Pengiklanan penting dalam mempromosikan
barangnya dan dalam penentuan harga setiap perusahaan saling bergantung satu
sama lain sehingga harga sangat kaku ( tidak mudah berubah dengan bebas ).
Kurva permintaan yang dihadapi suatu
perusahaan oligopoli berbentuk kurva bengkok dan menyebabkan tingkat harga
sangat rigid / kaku , karena tindakan setiap perusahaan menurunkan harga akan
diikuti oleh perusahaan lain , selanjutnya sebagai akibat kurva yang bengkok tersebut
keuntungan maksimum cenderung akan dicapai pada tingkat harga yang telah
ditentukan walaupun biaya produksi mengalami perubahan .
Jumlah perusahaan dalam oligopoli yang
sangat terbatas terutama disebabkan oleh factor – factor berikut :
·
Skala
ekonomi yang dinikmati
·
Biaya
produksi yang relative rendah
·
Dan
ciri istimewa dari barang – barang yang dihasilkan
Dua kebaikan utama dari pasar oligopoli
adalah :
1. Operasi firma dapat mencapai efisiensi yang
tinggi dan menurunkan biaya produksi , dan
2. Perusahaan selalu melakukan pengembangan
dan inovasi
Kelemahannya yang utama adalah distribusi
pendapatan akan semakin tidak merata .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar