Selasa, 07 Mei 2013

OLIGOPOLI


Oligopoli merupakan pasar barang yang terdiri dari beberapa perusahaan yang mempunyai ukuran dan modal yang relative besar , barang yang dihasilkan bersifat berbeda corak ( seperti produsen mobil ) atau barang serupa ( seperti perusahaan perminyakan ) , ciri lain dari oligopoli adalah :
Pengiklanan penting dalam mempromosikan barangnya dan dalam penentuan harga setiap perusahaan saling bergantung satu sama lain sehingga harga sangat kaku ( tidak mudah berubah dengan bebas ).
Kurva permintaan yang dihadapi suatu perusahaan oligopoli berbentuk kurva bengkok dan menyebabkan tingkat harga sangat rigid / kaku , karena tindakan setiap perusahaan menurunkan harga akan diikuti oleh perusahaan lain , selanjutnya  sebagai akibat kurva yang bengkok tersebut keuntungan maksimum cenderung akan dicapai pada tingkat harga yang telah ditentukan walaupun biaya produksi mengalami perubahan .
Jumlah perusahaan dalam oligopoli yang sangat terbatas terutama disebabkan oleh factor – factor berikut :
·         Skala ekonomi yang dinikmati
·         Biaya produksi yang relative rendah
·         Dan ciri istimewa dari barang – barang yang dihasilkan
Dua kebaikan utama dari pasar oligopoli adalah :
1.     Operasi firma dapat mencapai efisiensi yang tinggi dan menurunkan biaya produksi , dan
2.    Perusahaan selalu melakukan pengembangan dan inovasi
Kelemahannya yang utama adalah distribusi pendapatan akan semakin tidak merata .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner