Kamis, 03 Oktober 2013

Artikel dan Opini



KENAIKAN TARIF TENAGA LISTRIK

Seperti diberitakan di media – media massa, PLN melakukan kenaikan TTL sebesar 4,3 persen dalam kuartal II berlaku mulai 1 April 2013. Kenaikan TTL ini dilakukan pemerintah untuk menurunkan subsidi listrik yang angkanya telah menembus Rp 90 triliun dan juga menaikkan rasio elektrifikasi Indonesia yang baru 75 persen.
Dikatakan, kenaikan 15 persen dalam setahun akan dibagi menjadi empat tahap kenaikan, yakni pada Januari, Maret, Juli, dan Oktober 2013.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memperhitungkan, kenaikan hingga Juli 2013 sudah mencapai 21,88 persen dibandingkan dengan tahun 2012, sehingga pada Oktober 2013 kumulatif kenaikan menjadi 27,5 persen.

Ketua Umum APPBI Handaka Santosa, Minggu (8/9/2013), mengatakan, pengusaha meminta supaya kenaikan TDL per 1 Oktober 2013 segera dibatalkan. Pasalnya, hingga kenaikan bulan Juli 2013, pusat niaga di Jabodetabek sudah menaikkan biaya layanan (service charge) hingga 10 persen, antara Rp 70.000 sampai Rp 140.000 per meter persegi (m2) per bulan.
Menurut pendapat saya kenaikan TTL akan bedampak besar terhadap pengusaha dan kosumen dikarenakan ongkos produksi menjadi naik  menyebabkan kenaikan harga barang, yang pada akhirnya akan semakin memberatkan konsumen menjadi beban yang ditanggung semua pihak
Padahal dengan pelayanan yang diberikan PT PLN saat ini masih dirasa jauh dari kata memuaskan masih banyak terjadi pemadaman bergilir di daerah – daerah. Apakah dengan menaikan TTL adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah subsidi yang dianggap terlalu besar?
Sedangkan kita telah mengetahui bahwa listrik adalah kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan manusia modern dijaman ini, jika ini benar – benar akan diberlakukan maka tidak bisa dihindari makin banyak kejahatan pencurian listrik yang akhirnya juga merugikan pemerintah sebagai instalasi terkait
Diharapkan akan ditemukan solusi terbaik untuk semua pihak agar tidak ada yang dirugikan diakhirnya nanti
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner